iOS Mobile

by 6:35 AM 1 comments


iOS adalah sebuah system operasi berbasis perangkat mobile buatan dari Apple yang bekerja pada perangkat iPhone, iPod Touch , dan iPad. Dari beberapa perangkat tersebut i-nya (iPhone/iPod/iPad) dimaksudkan sebagai perangkat yang selalu terhubung dengan dengan internet sebagai cloud utamanya yang disebut juga dengan iCloud dan juga mewakili desain perangkat yang futuristic dan prestise seperti yang selama ini melekaat kepada produk-produk buatan Apple Inc. Teknologi iOS sendiri merupakan pengembangan dari teknologi yang sudah ada pada Mac OS dan sedikit mirip dengan Mac OS X hanya iOS lebih sederhana dan ringan disbanding dengan Mac OS X. Selain itu iOS dibuat dengan tujuan untuk perangkat gadgetnya seperti iPod, iPhone dan iPad.

Jika kalian berangkat dari pengembangan aplikasi untuk Mac OS X,maka pastikan anda akan mudah belajar iOS ini karena core/inti dari iOS ini adalah Mac OS X yang disederhakan. Sesuatu yang dihilangkan pada iOS ini mungkin adalah penggunaan connectivity ke device seperti keyboard dan mouse, karena iOS hanya mendukung device touch atau sentuhan tangan . Kalaupun ada keyboard itupun virtual didalam tampilan device yang menggunakan iOS ini.iOS diturunkan dari OSX yang memilliki fondasi Darwin dank arena itu iOS merupakan system operasi Unix. Di iOS ada empat lapisan abstraksi yaitu Core OS, Core Service, Media dan Cocoa Touch. Versi terbari system operasi ini iOS 9 yang menyisihkan 1,5 s.d 2Gb memori .

Perkembangan iOS dari Awal Sampai iOS 9 :

Versi Pertama iOS

Pada tahun 2007 Steve Jobs pertama kali memperkenalkan iPhone.Saat itu juga Steve Jobs menyematkan iOS versi pertama iOS 1.0 pada produk ponsel cerdas pertama buatan Apple tersebut. Versi pertama ini dikembangkan dari OS X. Sistem operasinya sendiri saat ini masih tertutup untuk pengembangan pihak ketiga.


Versi Kedua iOS

September kemudia tahun 2007, apple merilis kembali iOS 2.0 untuk versi keduanya. Versi inilah yang membuat perangkat iPhone menjadi terkenal. Pasalnya, pada versi ini dukungan pihak ketiga telah terbuka artinya pengembangan bisa membuat aplikasi pendukung di system operasi ini. Hal ini yang membuat App Store baru ada ketika iOS 2.0 rilis.

Versi Ketiga iOS

Apple membesut perangkat iPhone 3gs untuk mendukung system operasi iOS 3.0. terdapat fitur fitur menarik seperti MMS, push notification, keyboard landscape, voice note dan kompas dan system operasi ini mendukung IMAP dan shake to shuffle.

Versi Keempat iOS

Pada versi keempat ini apple menyuntikan pembaruan yang cukup besar diantaranya adalah dukungan multitasking yang lebih efektif agar baterai lebih hemat pengaturan menyalakan dan mematikan data seluler, penambahan dukungan fitur pada foto, playlist yang lebih kreatif serta dukungan passcode yang membuat system operasi yang dirilis tahun 2010 ini termasuk salah satu system operasi apple yang cukup bagus.

Versi Kelima iOS

Banyak lagi tambahan fitur-fitur yang ditambahkan oleh apple pada versi ini contohnya adalah iMessage, kemudahan mengambil foto dengan menekan tombol serta notifikasi yang muncul pada bagian atas yang membuat memudahkan pengguna dalam membaca informasi yang masuk,selain itu pada iOS 5 ini terdapat dukungan cloud storage, sinkronisasi iTunes melalui jaringan wifi dan munculnya Siri yaitu aplikasi asisten pintar untuk pengguna.

Versi Keenam iOS

Versi ini dirilis pada tahun 2012, iOS 6 ini membawa fitur menarik seperti integrasi Facebook, facetime, notification center serta metode pembayaran Passbook

Versi ketujuh iOS

Terdapat fitur baru di iOS versi ketujuh ini yaitu control center untuk pengaturan cepat dan Airdrop untuk berbagi konten. Yang lebih menariknya adalah tampilan antarmuka yang benar-benar baru yang lebih user interface membuat pengguna lebih senang dalam melihatnya tampilannya dengan desain ikon yang lebih sederhana serta latar animasi yang menarik.

Versi Kedelapan iOS

Diperkenalkan pada tahun 2014, iOS 8 membawa aplikasi bernama Healt. Pada system operasi ini juga terdapat peningkatan fitur pada foto, dukungan iCloud Drive, fitur berbagi konten dengan keluarga, aktivasi siri lewat suara serta pengetikan yang lebih cepat lewat Quicktype dengan desain antarmuka yang lebih flat.

Versi Kesembilan iOS

Diversi ini banyak fitur-fitur yang lebih baik lagi dibandingkan dengan versi sebelumnya yaitu dari multitasking yang lebih menarik terlihat 3d, iCloud Drive dan keamanan yang lebih baik yang mampu menjadi  

Arsitektur iOS

Arsitektur iOS mirip dengan arsitektur yang ditemukan di Mac OS X. Pada tingkat tertinggi, iOS bertindak sebagai perantara antara hardware dan aplikasi yang dibuat. Aplikasi tidak berkomunikasi dengan hardware secara langsung. Sebaliknya , mereka berkomunikasi dengan perangkat keras melalui satu set antarmuka system yang terdefinisi dengan baik. Antarmuka ini membuat menjadi lebih mudah untuk pengoprasian aplikasi yang bekerja secara konsisten pada perangkat yang memiliki hardware yang berbeda. Penerapan teknologi iOS dapat dilihat sebagai seperangkat lapisan yang direpresentasikan pada gambar dibawah. Lebih rendah lapisan mak lapisan tersebut mengandung layanan dan teknologi yang juga mendasar. Lapisan tingkat tinggi membangun lapisan bawah dan menyediakan layanan yang lebih canggih.
14175536521e770789
Gambar 1 Layer iOS
iOS Architecture
Gambar 2 Layer iOS

Cocoa Touch Layer

The Cocoa Touch lapisan berisi kunci frameworks untuk aplikasi iOS. Kerangka ini menentukan penampilan dari aplikasi. Mereka juga menyediakan infrastruktur aplikasi dasar dan dukungan untuk kunci sebagai multitasking, Layar sentuh berbasis input, push notification, dan banyak layanan sistem tingkat tinggi. Ketika merancang sebuah aplikasi pada perangkat iOS, kita harus menyelidiki teknologi pada lapisan tertentu untuk melihat apakah kebutuhan aplikasi tersebut sesuai dengan teknologi pada lapisan tersebut.

High -Level Fitur


  • Block Objects
  • Grand Central Dispatch
  • In-App Purchase
  • SQLite
  • XML Support

iOS Management Data

Core Data

Data Core menyediakan kerangka model data yang fleksibel dan kuat untuk membangun sumur-faktor aplikasi Kakao berdasarkan Model-View-Controller (MVC) pola. Data Core menyediakan data untuk keperluan manajemen Data, dikembangkan untuk menangani data model kebutuhan setiap jenis aplikasi, besar atau kecil.
Data Core memungkinkan Anda dengan cepat menentukan model data aplikasi anda dengan cara grafis dan mudah mengaksesnya dari kode Anda. Data Core menyediakan infrastruktur untuk menangani fungsi umum seperti menyimpan, memulihkan, undo dan redo.
Karena Core data menggunakan built-in data library SQLite tidak perlu untuk menginstal sistem database yang terpisah.

SQLite

iOS memiliki library SQLite populer, mesin ringan namun kuat database relasional yang mudah tertanam ke aplikasi. Digunakan dalama plikasi yang tak terhitung di banyak platform, SQLite dianggap sebagai standar industri de facto untuk pemrograman database SQL. Berbeda dengan kerangka Data berorientasi objek Core, SQLite menggunakan prosedural SQL-API terfokus untuk memanipulasi tabel data secara langsung.

XML File

File XML menyediakan format yang terstruktur sehingga menjadi ringan, sehingga aplikasi Anda dengan mudah dapat membaca dan menulis dan juga file XML dengan mudah masuk ke dalam sistem file IOS.
built in database Default User menyimpan data berbasis XML termasuk API sederhana dengan fitur canggih, termasuk kemampuan untuk serialize dan mengembalikan objek kompleks pada permintaan.

Konsep iOS 9


Tool Coding iOS

Xcode adalah suatu alat pemrograman besutan Apple untuk membuat aplikasi yang dijalankan dalam lingkungan Apple (iOS dan MacOS). Alat pemrograman seperti Xcode ini biasa disebut juga dengan Integrated Development Environment (IDE), seperti Visual Studio dan Eclipse.Xcode mendukung beberapa bahasa pemrograman seperti C, C++, Objective C dan yang terakhir mendukung bahasa Swift yang tersedia pada Xcode 6.

Seperti pada umunya IDE, maka Xcode menyediakan semua kebutuhan pemrograman seperti editor, compiler, debugger dan run-time simulator. Selain itu Xcode juga dilengkapi dengan fasilitas management pengembangan aplikasi seperti repository dan version control. Xcode terintegrasi dengan aplikasi git dan memudahkan kita untuk melakukan kegiatan software configuration management untuk kerja team.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/IOS
http://sonywibisono.com/2011/01/12/apa-itu-ios.html
http://www.pricebook.co.id/article/news/2015/01/26/630/sejarah-perkembangan-ios-dari-awal-sampai-versi-kedelapan
https://shidiksaragih.wordpress.com/2011/03/30/konsep-management-sistem-operasi-ios/#more-202
http://www.makemac.com/video-konsep-ios-9-dengan-8-fitur-barunya-yang-keren/

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

1 comment: